5 SUPLEMEN PEMBANGUN ENERGI DAYA TAHAN LATIHAN ANDA

5 SUPLEMEN PEMBANGUN ENERGI DAYA TAHAN LATIHAN ANDA

16

Energi yang optimal dalam menunjang daya tahan yang prima merupakan impian yang amat sulit untuk dibuat nyata, pola hidup dan pola makan sangatlah berpengaruh dalam hal ini. Namun bagaimanapun juga organ tubuh yang sedang atau akan digunakan dalam menjaga daya tahan agar tidak cepat kendor, membutuhkan bahan bakar berupa nutrisi yang tentunya disesuaikan dari masing-masing fungsi organ tersebut. REPS mania kali ini tidak akan membahas mengenai pola hidup, namun menyerempet soal pola makan dan bukan itu saja yang akan kita bahas. REPS mania juga akan menyuguhkan informasi tentang suplemen yang berfungsi untuk menunjang  para Reps mania dalam meng-energize daya tahannya saat workout.……. So Check it out.

Mereka yang aktif dalam lingkungan fitness atau bodybuilding tentu sudah akrab dengan yang namanya suplemen, namun sayangnya dalam lingkungan tersebut, ketika kata ”suplemen” terlontar justru yang terlintas dalam pikiran mereka adalah tubuh berotot. Sehingga dalam kalangan tersebut seringkali orang menyamakan penggunaan suplemen itu seperti layaknya seorang binaragawan profesional. Atau dalam kasus lain, kata “suplemen” dicitrakan sebagai butiran tablet yang digunakan untuk mensiasati terjadinya kekurangan salah satu asupan nutrisi dalam diri seseorang. Atau yang biasa digunakan oleh mereka yang membutuhkan vitamin sebagai jalan untuk meningkatkan kesehatan.

Sangat penting bagi REPS Mania untuk tidak membiarkan diri kalian terpengaruh akan asumsi tersebut. Padahal butiran tablet suplemen memiliki fungsi dan tujuan yang sangat beragam. Sehingga hindarkanlah paradigma dari asumsi tersebut. Bagaimanapun juga ada berbagai tujuan yang bisa diberikan oleh suplemen, salah satunya adalah membantu meningkatkan energi daya tahan saat anda melakukan workout.

Jika saat ini teman-teman sedang menggeluti berbagai jenis endurance activity seperti bersepeda, lari (jogging), renang atau berancana untuk melakukan aksi lintas alam menembus puncak bukit atau sejenis menjelajah hutan, tentu dibutuhkan sebuah energi yang tidak cepat habis. Dalam setiap jenis endurance acivity, kalori tubuh akan mudah hilang, yang kemudian mengakibatkan menurunnya metabolisme pada tubuh. Kondisi tersebut lahir dikarenakan gula darah dalam tubuh menukik tajam. Untuk itu sangat dianjurkan sesegera mungkin mengkonsumsi karbohidrat cair, seperti fruktosa atau sukrosa agar gula darah kembali stabil.

Kini REPS Mania sekalian akan dimudahkan serta dimanjakan dalam melakukan rangkaian endurance activityagar stamina yang digunakan tidak cepat luntur, yakni cukup dengan mengkonsumsi suplemen penambah energi agar daya tahan tetap “on” saat workout.

Berikut adalah beberapa suplemen pembangun energi yang biasa digunakan para atlet untuk menjaga daya tahannya yang juga dapat Reps mania gunakan tentunya :

1. Minuman Peningkat Energi

Minuman peningkat energi banyak digunakan oleh mereka yang biasa melakukan sesi latihan panjang ataupun ketika perlombaan. Penting untuk dicermati oleh Reps mania sekalian, supaya bisa meluangkan sedikit waktu sekadar mencari tahu seberapa banyak dan jenis cairan berkualitas yang dibutuhkan secara optimal bagi tubuh. Dengan mengetahui jumlah dan jenis cairan yang dibutuhkan. Ini bertujuan agar kita lebih mawas diri jauh sebelum latihan untuk mencukupi jumlah cairan tersebut. Menjaga kualitas dan jumlah cairan dalam tubuh penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kejang otot pada saat melakukan latihan.

Salah satu caranya adalah dengan banyak atau secukupnya mengkonsumsi minuman peningkat energi sebelum latihan. Suplemen jenis ini diperuntukkan bagi mereka yang belum bisa mengenali jumlah cairan yang ada dalam tubuh. Padahal kadar cairan dalam tubuh sangatlah vital fungsinya ketika melakukan endurance activity agar power tidak cepat mengendur.

Eats_ElectrolyteWater

Mengabaikan penggantian cairan yang keluar selama sesi latihan adalah sebuah kesalahan sikap yang fatal. Kekurangan hal tersebut memiliki dampak negatif yang bahaya. Apabila kekurangan tersebut terjadi ditengah latihan maka kelelahan akan segera timbul dan daya tahan secara drastis akan menurun. Oleh sebab itu melakukan kardio diakhir, kemudian dilanjutkan weight training banyak direkomendasikan kepada mereka yang menginginkan konsentrasi pada pembentukan. Alasannya jika kardio dilakukan dimuka dan dilakukan secara berlebihan, dikhawatirkan teman-teman akan kehilangan power sekaligus energi daya tahan pada saat melakukan latihan beban.

Namun bukan berarti para Reps mania harus mengkonsumsi minuman berenergi terus-menerus dalam jumlah yang berlebih. Namun teman-teman hanya perlu mengkonsumsi dalam jumlah yang secukup atau seperlunya saja untuk menjaga keseimbangan cairan demi menjaga kelangsungan irama aktivitas Anda.

Minuman energi yang dikonsumsi para atlet selama perlombaan ternyata bervariasi jenisnya tergantung dari masing-masing individu. Yang pasti sebelum latihan benar-benar dimulai, ada baiknya mempertimbangkan dengan bijak minuman peningkat energi mana yang sebaiknya anda pilih. Kebanyakan produk minuman berenergi mengandung campuran antara kafein, mate yerba, teh hijau, yohimbe, serta berbagai asam amino. Yang bertujuan untuk meningkatkan level energi, daya tahan dan kinerja.

 2. Healthy Blood Support

Agar para olahragawan dapat tampil prima dalam pertandingan yang memerlukan ketahanan fisik, penting adanya agar transportasi oksigen kejaringan tubuh yang sedang digunakan dalam jumlah banyak dan dengan intensitas yang tinggi. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa kendaraan yang menyebarluaskan oksigen dalam tubuh adalah darah. Oleh karena itu mempertahankan kepastian kesehatan darah menjadi sangatlah penting bagi setiap individu yang terbiasa melakukan endurance activity atau ketahanan fisik.

600x400-hotblood

Dalam menjaga kesehatan darah, ada baiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang memadai. Jika asupan zat besi yang diraih dari makanan biasa tidak memadai, ada baiknya ditambah dengan mengkonsumsi produk suplemen yang kaya akan zat besi. Dengan tambahan zat besi dari produk tersebut, sangatlah membantu anda dalam mempertahankan kualitas sel darah merah. Seperti yang REPS Mania ketahui bahwa zat besi adalah salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Zat besi sebaiknya diperoleh dari makanan. Kekurangan zat besi dalam makanan sehari-hari secara berkelanjutan dapat menimbulkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah.

Daging merah disinyalir adalah makanan yang mampu mendonasikan zat besi yang mapan bagi tubuh. Oleh karena itu, isu yang selalu muncul pada mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian atau mereka yang menghindari konsumsi daging merah berlebihan, akan mengakibatkan kurangnyanya tingkat kecukupan gizi tubuh terutama zat besi. Perlu diingat dan dicermati agar cerdas dalam memilih suplemen bagi kesehatan darah, sebab ada beberapa produk yang mampu mendukung performa darah namun sangat berbahaya bila dibarengi dengan intensitas latihan ketahanan yang tinggi.

 3. Carbohydrates To Go

Disaat beraktivitas fisik yang memerlukan ketahanan daya tubuh, lemak dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar utama. Oleh sebab itu banyak para praktisi olahraga yang menyatakan, “Jika melakukan kegiatan kardio (aerobik, jogging, bersepeda, dll) di pagi hari sebaiknya perut dalam kondisi kosong. Sebab dalam perut yang kosong tanpa dimasukan bahan bakar, secara otomatis tubuh akan membakar lemak (lipolisis) sebagai sumber bahan bakar alternatif yang menghasilkan tenaga, sehingga dapat melakukan aktivitas kardio dengan baik”.

$T2eC16NHJGIE9nnWpUFtBQPUgK801Q~~60_35

Namun bukan berarti teman-teman bisa se-enaknya dalam menumpuk lemak dalam tubuh atas alasan tersebut di atas. Tetap sumber tenaga yang disukai oleh tubuh adalah karbohidrat. Dan perlu diingat tentunya  karbohidrat yang rendah kalori, tetapi tinggi serat dengan tingkat glikemik yang rendah dan pastinya karbohidrat komplek bukan yang sebaliknya. Mempersiapkan tubuh dengan asupan karbohidrat yang cukup sepanjang sesi latihan, dapat mencegah kelelahan sejak awal sesi hingga akhir dengan tempo yang terus meningkat. Namun idealnya karbohidrat ini haruslah mudah dicerna oleh tubuh, tidak menunggu banyak waktu untuk dicerna dan dirubah menjadi glukosa yang dapat digunakan.

Dengan mengkonsumsi suplemen carbohydrates to go yang kaya akan kandungan karbohidrat, sangat membantu dalam memastikan cukupnya asupan (karbohidrat) ke dalam sel otot dengan cepat, tidak sama seperti jika REPS Mania menggunakan produk lain yang basis kandungannya adalah gula. Karbohidrat yang dicerna oleh tubuh akan menghasilkan glukosa dan glukosa juga dapat ditemui di dalam gula. Tetapi bukan berarti mengkonsumsi gula sama seperti dengan mengkonsumsi karbohidrat.

 4. Power Packed Bars

Jika REPS Mania merencanakan perjalanan yang memerlukan daya tahan yang lama, mungkin seperti bersepeda sepanjang sore, anda akan membakar banyak kalori saat beraktivitas tersebut. Aktivitas tersebut dapat berjalan baik jika kalori yang sudah terbakar segera tergantikan dengan kalori yang baru namun menyehatkan.

78725

Minuman berkarbohidrat selama latihan dapat mencapai tujuan, tapi sering kali bentuknya cairan yang encer dan lama kelamaan gak bisa cukup. Jika begitu, mulailah mencari bentuk yang lain dari energi, seperti dalam bentuk bar yang banyak tersedia di pasaran. Bar ini mengandung lebih banyak kalori sama seperti yang ada di protein, tidak seperti minimnya kandungan tersebut pada minuman berkarbohidrat.

Mengkonsumsi suatu makanan yang memuaskan secara selera saat dimakan adalah sebuah kondisi terbaik yang harus anda gapai. Sebab hal tersebut dapat membantu secara psikologis agar selalu mengedepankan upaya untuk menyelesaikan latihan. Tidak lagi “ngeri” dalam menghadapi segala makanan yang terasa tidak memuaskan secara selera, dengan demikian latihan menjadi jauh lebih ringan untuk dilakukan.

 5. Stimulant Products

Suplemen terakhir yang biasa digunakan dalam upaya menguatkan daya tahan, baik untuk olahragawan atau mungkin mereka yang gemar melakukan endurance activity, adalah dengan memanfaatkan fungsi dari produk stimulan. Suplemen jenis ini akan sangat memberikan ekstra tenaga pada saat anda membutuhkannya, walaupun di dalam rasio pikiran anda tidak akan pernah sanggup untuk menjalani keseluruhan latihan tersebut.

No Xplode

Kafein adalah bahan umum yang banyak ditemukan pada suplemen jenis ini sebagai perangsang lahirnya energi. Kefein mengirim respon menjadi tenaga, setelah kurang lebih tiga puluh menit setelah dikonsumsi. Selain kafein, synephrine juga sering terlihat dalam susunan daftar kandungan dalam suplemen jenis ini. Synephrine selain berfungsi sebagai pemacu hadirnya tenaga, juga berfungsi dalam meningkatkan proses pembakaran lemak.

Kesimpulan     

3774110-3x2-940x627

Simpanlah semua jenis suplemen di atas dalam benak kalian, jika Anda seorang atlet yang memerlukan daya tahan selalu “on”, ataupun bagi REPS Mania sekalian yang sedang mencari jalan keluar dalam mengakali melorotnya energi saat workout. Namun itu semua mestinya bahwa anda juga harus memicu tubuh anda, baik dalam menjelang latihan dan segera setelahnya. Hal ini dimaksudkan untuk menggantikan glikogen pada otot yang telah anda gunakan (pada saat latihan) agar bisa mengusahakan pemulihan tubuh dengan cepat.

Namun, semua jenis suplemen di atas tidaklah harus REPS Mania konsumsi seluruhnya, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mengkonsumsinya. Mudah-mudahan informasi kali ini dapat menjadi sandaran bagi Reps mania sekalian dalam menyikapi suplemen, khususnya yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh agar selalu “pol”.(Dillah)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *